Banyak makanan ‘sehat’ dan vegetarian mengandung MSG dalam bentuk ekstrak ragi

Ada banyak penipuan dalam pelabelan produk makanan yang ditemukan di toko kelontong lokal Anda dan bahkan di banyak toko makanan kesehatan. Kecenderungan yang mengganggu yang saya perhatikan adalah bahwa banyak produk vegetarian dan barang kebutuhan sehari-hari yang disebut “sehat” atau “alami” menggunakan zat tambahan penambah rasa kimia yang ditemukan dalam bahan yang tercantum tepat pada label.

Penambah rasa adalah MSG – monosodium glutamate – bahan kimia yang telah dikaitkan dengan gangguan reproduksi, sakit kepala migrain, kerusakan permanen pada sistem endokrin yang mengarah pada obesitas, dan gangguan serius lainnya. MSG adalah senyawa kimia yang tidak termasuk dalam tubuh dalam konsentrasi yang disediakan oleh makanan ini. Ini digunakan oleh produsen makanan sebagai penambah rasa – sesuatu untuk menutupi rasa hambar dari makanan ini dan membuatnya lebih menarik bagi konsumen. Tetapi produsen makanan tidak ingin mencantumkan MSG pada label, terutama ketika mereka tahu bahwa konsumen akan menghindari membeli produk yang mencantumkan MSG.

Jadi, apa yang mereka lakukan? Mereka menyembunyikan bahan dalam bahan lain yang disebut “ekstrak ragi,” kemudian mereka meletakkan ekstrak ragi dalam produk dan daftar “ekstrak ragi” tepat pada label. Jadi ini adalah penipuan: semua jenis produk kesehatan alami dan produk vegetarian menggunakan penambah rasa kimia dalam bentuk ekstrak ragi, tetapi gagal mengungkapkan kepada konsumen bahwa mereka sebenarnya mengandung MSG. Dan jika Anda melihat-lihat produk kesehatan alami di toko makanan kesehatan dan toko bahan makanan, Anda akan menemukan bahwa ekstrak ragi adalah bahan yang agak menonjol. Ini digunakan dalam sup, dalam campuran vegetarian, dalam beberapa campuran tahu, dan bahkan apa yang disebut makanan beku alami.

Saya pribadi dapat memverifikasi bahwa ekstrak ragi memiliki efek yang sama dengan MSG, karena saya adalah individu yang sangat sensitif terhadap MSG. Setelah mengkonsumsi MSG dalam jumlah kecil, saya mengalami sakit kepala parah yang berlangsung selama 6 hingga 8 jam. Mengkonsumsi ekstrak ragi menyebabkan efek yang persis sama dengan mengonsumsi MSG.

Faktanya, produsen makanan tidak menyangkal bahwa ekstrak ragi mengandung MSG – itu adalah sesuatu yang terkenal di industri manufaktur makanan. Apa yang terjadi di sini adalah penipuan terang-terangan, upaya untuk menyesatkan konsumen dengan mengganti nama bahan-bahan berbahaya dengan nama-nama yang terdengar tidak berbahaya seperti “ekstrak ragi.” Saya percaya praktik ini tidak bertanggung jawab dan tidak etis, dan saya sangat mendorong Anda untuk tidak hanya menghindari pembelian produk yang dibuat dengan ekstrak ragi, tetapi juga menghindari produk dari perusahaan yang menggunakan ekstrak ragi di salah satu produk mereka. Ini hanyalah praktik yang tidak jujur, dan kita tidak boleh memberi penghargaan kepada perusahaan yang terlibat dalam praktik tersebut dengan membeli produk apa pun yang mereka produksi.

Sayangnya, banyak dari produsen makanan ini menciptakan produk untuk industri makanan kesehatan. Dengan cara yang sayangnya terlalu nyata, produk kelontong tradisional dan makanan olahan akan mencantumkan MSG tepat pada label. Pada saat yang sama, produk yang disebut sehat akan menggunakan ekstrak ragi, sehingga mereka dapat menghindari menyebutkan MSG pada label. Namun, kedua produk mengandung MSG, dan kedua produk memiliki risiko efek samping toksik yang terkait dengan MSG.

Jadi, apakah Anda lebih aman dengan membeli makanan kesehatan daripada makanan toko grosir tradisional? Jawabannya adalah Anda harus menghindari membeli makanan olahan sama sekali, terlepas dari klaim kesehatan apa yang dibuat pada label. Makanan olahan adalah makanan yang tidak sehat, titik. Jika Anda menginginkan nutrisi yang optimal, dan makanan yang dirancang tubuh manusia, Anda perlu membeli dan mengonsumsi bahan-bahan mentah, seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sehat. Ini juga merupakan ide yang baik, karena Anda sering mendengar saya merekomendasikan di NewsTarget.com, untuk melengkapi diet Anda dengan suplemen makanan lengkap, vitamin organik, dan makanan super, seperti chlorella, spirulina, kecambah brokoli dan sayuran laut. Ini adalah cara untuk mencapai nutrisi yang optimal, bukan dengan membeli makanan olahan yang disamarkan sebagai makanan sehat, meskipun mereka mengandung bahan-bahan yang diketahui menyebabkan efek samping toksik dalam tubuh manusia.

Tapi jangan mengambil kata-kata saya untuk itu – lihat sendiri. Lain kali Anda pergi ke toko makanan kesehatan, lihat kotak produk dan kaleng di rak, dan lihat berapa banyak yang dapat Anda temukan yang mengandung ekstrak ragi. Sangat mudah ditemukan dengan makanan vegetarian, yang hanya menunjukkan kepada Anda bahwa hanya karena suatu produk mengatakan “vegetarian” pada label tidak berarti itu baik untuk Anda (atau bahwa perusahaan yang membuatnya memberikan gebrakan tentang kesehatan Anda)

Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*